Berilah Kesan Positif pada Pekerjaan Pertama Anda

OLEH

DAWN ROSENBERG MCKAY

 Anda telah lulus dari perguruan tinggi atau sekolah menengah, dan sekarang Anda akan memulai pengalaman yang baru, yaitu pekerjaan pertama Anda. Anda mungkin telah bekerja paruh waktu saat Anda masih mahasiswa. Setelah menghabiskan sekitar 17 tahun terakhir duduk di kelas untuk belajar  pengetahuan-pengetahuan yang diberikan, kemudian diuji secara berkala untuk melihat seberapa baik Anda memahaminya, dan terkadang anda diminta untuk menulis makalah penelitian. Anda akan segera menemukan bahwa ada banyak perbedaan antara bekerja dan sekolah.

Dunia Nyata

Ingat ketika Anda berada di sekolah dan guru atau profesor Anda memberikan tugas? Mereka memberikan tugas tersebut di awal semester, namun batas waktu pengumpulan Tugas tersebut berada di akhir semester. Anda punya banyak waktu (kecuali tentu saja, Anda menunda sampai batas waktu pengumpulan tugas tersebut sudah dekat). Ketika Anda memulai pekerjaan pertama Anda, Anda akan menemukan banyak hal yang berbeda. Batas waktu pekerjaan Anda harus selesai tidak akan selama itu. Jika Anda menunda-nunda, Anda mungkin akan kehilangan pekerjaan anda .

Ada kabar baik, Anda tidak akan diberikan ujian secara terus menerus yang dapat membuat anda stress. Atasan Anda tidak akan memberikan apa pun. Berita buruknya adalah Anda akan dinilai setiap hari. Hasilnya tidak akan datang dalam kartu yang berisikan nilai, tetapi dalam ulasan kinerja. Atasan Anda akan mengamati bagaimana Anda melakukan pekerjaan Anda dan juga akan mengawasi bagaimana Anda bertindak. Jangan biarkan atasan Anda melihat Anda tidak bekerja dengan baik di tempat kerja. Mengapa atasan Anda memperhatikan Anda? Anda mungkin berpikir itu masalah uang. Tentu saja itu benar, tapi itu bukan satu-satunya alasan.

Penampilan Anda di kelas memengaruhi  diri Anda sendiri, bukan sekolah Anda, atau bahkan profesor atau guru Anda. Berbeda dengan di sekolah, kinerja Anda di tempat kerja akan memengaruhi organisasi secara keseluruhan, atasan Anda, dan bahkan rekan kerja Anda.

Hal-hal yang dapat membuat Anda Berhasil

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda berhasil dalam pekerjaan pertama Anda :

1.     Selalu Tiba di Tempat Kerja Tepat Waktu

Pertimbangkan untuk datang sedikit lebih awal. Pada saat waktunya makan siang, pergilah makan namun jika Anda sangat sibuk, makanlah di meja Anda.

2.     Berpakaian dengan tepat

Lihatlah ke sekeliling Anda untuk melihat apa yang dikenakan orang lain, terutama mereka yang berada di jalur karier yang sama dengan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda bekerja di biro iklan dan bercita-cita menjadi akuntan, jangan berpakaian seperti karyawan di bidang seni yang memungkinkan untuk berpakaian yang lebih kasual.

3.     DENGARKAN, DENGARKAN, DENGARKAN ... dan Amati

Habiskan beberapa minggu pertama Anda di pekerjaan pertama Anda, atau di pekerjaan apa pun, mendengarkan dan melihat apa yang terjadi di sekitar Anda. Anda akan belajar banyak jika melakukan ini.

4.    Jangan Sebarkan hal-hal yang tidak benar dan berusahalah sebaik-baiknya untuk berperilaku baik.

Bukan berarti anda tidak perlu mendengarkan rumor-rumor yang ada namun dengan mendengarkan  memungkinkan Anda untuk mendapatkan beberapa informasi berharga. Pelajari cara memisahkan mana informasi yang merupakan Fakta dan mana informasi yang belum tentu benar.

5.     Jaga Sikap Anda

Jangan lupa apa yang Anda pelajari sejak kecil. Tolong dan terima kasih masih harus menjadi kata-kata ajaib. Selalu ketuk sebelum Anda masuk. Meskipun menerobos masuk ke kamar asrama teman Anda mungkin baik-baik saja, berbeda halnya dengan menerobos masuk ke ruangan atasan anda, hal tersebut merupakan hal yang tidak baik. Jika Anda diundang untuk bergabung dengan rekan kerja Anda untuk makan siang, perhatikan dan cari tahu bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan di saat makan bersama dengan rekan-rekan bisnis.

6.     Pelajari Etiket Telepon Yang Tepat

Tentu Anda telah menggunakan telepon seumur hidup, tetapi mungkin tidak untuk bekerja. Anda harus tahu cara yang sopan melakukan dan menerima panggilan sebagai profesional.

7.     Temukan seorang Mentor

Cari seseorang di jalur karier Anda yang bersedia memberikan pengetahuannya dan menjadi mentor Anda. Jika  Atasan Anda bukan ide yang baik, bisa jadi orang lain yang bekerja di bawah pengawasannya dapat menjadi mentor yang baik.

8.     Jangan Berpura-pura Tahu Hal-hal yang Tidak Anda Tahu

Sebaliknya, lakukan pekerjaan rumah Anda untuk mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan.Ketika Anda Tidak Tahu Cara Melakukan Sesuatu, Ajukan Pertanyaan. Anda mungkin merasa takut dalam mengajukan pertanyaan , tetapi semua orang tahu Anda baru saja memulai jadi janganlah takut untuk mengajukan pertanyaan apapun. Ini jauh lebih baik daripada menunda proyek dan Anda salah melakukannya karena tidak bertanya.

9.     Pelajari Cara Mengelola Waktu Anda

Ini akan membantu Anda memenuhi semua batas waktu dalam mengerjakan pekerjaan Anda. Suatu keharusan kecuali atasan Anda memberi tahu Anda adanya fleksibilitas dari batas waktu pengerjaan yang sudah ditetapkan.

10.                        Perhatikan Budaya Perusahaan

Pelajari bagaimana hal-hal tertentu dilakukan dalam perusahaan Anda. Apakah hubungan formal atau ramah? Apakah semua orang datang lebih awal atau terlambat? Apakah jam makan siang singkat atau tidak ada?

Beri diri Anda istirahat jika Anda tidak selalu melakukannya sebaik yang Anda harapkan. Ini adalah pekerjaan pertama Anda, dan Anda akan terus berkembang menjadi lebih baik.

 

Sumber :

https://www.thebalancecareers.com/your-first-job-524792

Attachment (0)