Jujur saja: Kita semua memiliki keraguan yang dapat menghalangi kita untuk melakukan sesuatu. Bahkan dapat diterima secara sosial untuk berbicara tentang "ketakutan akan kegagalan".

Tapi "takut sukses?"

Itu adalah normal. Takut untuk mencapai hal-hal yang kita inginkan.

Bagaimana itu bisa terjadi?

Masa Depan / Faktor Perubahan : Pribadi

Berita baiknya adalah ketika kita mengalami sebuah ketakutan, ini mungkin karena kita memikirkan masa depan yang lebih baik. Kita sebenarnya berpikir tentang perubahan.

Tetapi kita tidak tahu apa lagi yang akan dibawa. Karena ini semua tentang masa depan, kita dapat membayangkan apa saja tentang apa yang mungkin terjadi. Dengan tidak adanya informasi faktual, kita berfantasi, seringkali negatif.



  • “Saya tidak pantas mendapatkannya”
  • “Jika saya mencapai apa yang ingin saya lakukan, semua orang akan tahu bahwa saya tidak pantas mendapatkannya”
  • “Jika saya mendapatkannya saya tidak akan bisa mempertahankannya. Kenapa saya mencobanya?"
  • “Jika saya sukses, seseorang akan datang yaitu orang yang lebih baik dari saya. Lalu apa yang akan terjadi dengan saya?”
  • “Jika saya sukses, sifat dan keseimbangan hubungan saya akan berubah dan saya harus mencari teman baru. Teman-teman saya saat ini tidak akan pernah menerima saya yang lebih sukses (lebih besar, lebih dalam, lebih baik, lebih sehat)."

(Silakan membuat daftar komentar apa yang pernah anda dengar).



Apa yang terjadi akibat dari pemikiran seperti ini?

Pemikiran yang mengalahkan diri sendiri mengarah pada tindakan yang mengalahkan diri sendiri. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Melakukan hal yang salah bahkan ketika anda tahu hal yang benar untuk dilakukan. Dengan begitu, seseorang dapat menghindari keharusan berurusan dengan kesuksesan.
  • Meminimalkan prestasi anda sehingga akhirnya dinegasikan. Maka, anda tidak harus hidup sampai menjadi diri anda yang sebenarnya.
  • Merasa bersalah ketika anda  berhasil. Ini menciptakan perlambatan dalam momentum, keragu-raguan untuk bertindak, dan ketidakmampuan untuk memuaskan diri untuk beralih ke kesuksesan lain.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan berbeda

Berikut adalah beberapa saran yang tidak rumit tetapi dapat menempatkan tanggung jawab dengan jelas di pundak pribadi kita:

1.      Bertindak dengan cara yang benar-benar akan membantu  anda membangun rasa diri: Temukan cara untuk mendorong dan mengakui pencapaian orang-orang di sekitar anda.

2.      Dapatkan mitra akuntabilitas - atau mungkin pasangan. Orang-orang ini memiliki izin eksplisit anda untuk memberikan umpan balik - positif dan negatif - tentang bagaimana mereka mengalami kemajuan anda. Ini adalah pengecekan realitas. Percakapan jujur, faktual, berkala akan membantu anda mengganti pikiran negatif yang tidak diketahui dengan informasi berbasis kenyataan.

3.      Ketika seseorang memuji anda, tanggapi dengan tegas, dan katakanlah "Terima kasih!" Tidak ada kesopanan palsu atau pembicaraan tambahan. Cukup dengarkan pujian dan biarkan mereka mulai memengaruhi cara anda memandang diri sendiri.

Dalam posting berikutnya, kita akan melihat bagaimana ini berlangsung di tempat kerja dan dalam kehidupan organisasi.

 

Selamat menjadi pribadi yang lebih baik & sukses.

 

From : www.allthingsworkplace

Attachment (0)